Program kemitraan masyarakat di SMK Kartika XX-1 Makassar

Program kemitraan masyarakat yang dilaksanakan di SMK Kartika XX-1 Makassar di Kelurahan Panaikang, Kecamatan Panakkukang, pada tanggal 17 September 2019 oleh 2 orang dosen Fakultas Teknik UNM, yaitu: (Dr. Ir. Muh Nasir Malik, M.T & Dr. Ir. Hasanah, M.T) bertujuan untuk melatih mitra melakukan penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Reseach).

Dalam bidang pendidikan, khususnya kegiatan pembelajaran, Penelitian Tindakan Kelas (PTK) berkembang sebagai suatu penelitian terapan. PTK sangat bermanfaat bagi guru untuk meningkatkan mutu proses dan hasil pembelajaran di kelas. Dengan melaksanakan tahap-tahap PTK, guru dapat menemukan solusi dari masalah yang timbul di kelasnya sendiri, bukan kelas orang lain, dengan menerapkan berbagai ragam teori dan teknik pembelajaran yang relevan secara kreatif. Selain sebagai penelitian terapan, disamping guru melaksanakan tugas utamanya mengajar di kelas, tidak perlu harus meninggalkan siswanya. Jadi PTK merupakan suatu penelitian yang mengangkat masalah-masalah aktual yang dihadapi oleh guru di lapangan. Dengan melaksanakan PTK, guru mempunyai peran ganda: praktisi dan peneliti.

Kegiatan yang dilaksanakan untuk meningkatkan kompetensi guru adalah:

  1. Melatih mitra dengan metode ceramah dan tanya jawab untuk memahami konsep PTK
  2. Melatih mitra merancang scenario PTK,
  3. Melatih Mitra dengan metode latihan menyusun Proposal Penelitian Tindakan Kelas.

 

Realisasi penyelesaian masalah dilakukan dengan mengikuti metode pelaksanaan dalam program pengabdian ini. Metode ceramah dilakukan dengan memberi materi singkat tentang PTK dan siklus-siklus PTK sehingga mengahsilkan sebuah proposal yang siap untuk dibuatkan laporan dengan adanya data dari guru yang bersangkutan.