Dosen UNM Beri Pelatihan Green Technologi & Robotic untuk Murid Sekolah Dasar di Masa Pandemi

Dosen Fakultas Teknik UNM melaksanakan program pengabdian masyarakat berupa pelatihan Green Technology dan Robotic untuk murid Sekolah Dasar di SD Negeri Kompleks IKIP I yang merupakan salah satu Sekolah Dasar unggul yang ada di makassar. Pengabdian ini dilaksanakan pada masa pandemi sehingga kegiatan ini dilakukan dengan metode door to door dan tetap menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran virus corona.

Kegiatan pengabdian ini merupakan salah satu wadah untuk memperkenalkan dan memberikan wawasan dasar tentang green technologies and robotic di kalangan murid Sekolah Dasar. Tidak adanya bekal pengetahuan dasar tentang lingkungan dan teknologi adalah salah satu faktor yang membuat banyak pengembangan atau pembuatan teknologi-teknologi baru yang mengakibatkan dampak negatif terhadap lingkungan. Penanaman pemahaman dasar tentang teknologi hijau dan kaitannya dengan robotika diaggap sangat perlu untuk menanamkan karakter ke murid agar memiliki pemahaman tentang teknologi robotika yang ramah lingkungan. Pendidikan sejak awal tentang teknologi hijau ini diharapkan membawa dampak yang positif untuk kehidupan manusia di masa yang akan datang.

Kegiatan ini memberikan materi mendasar tentang green technologies dan robotika serta pelatihan berupa pembuatan robot sederhana berbasiskan green technologies. Robot tersebut adalah robot yang dapat bergerak dengan power dari sinar matahari dengan memanfaatkan panel surya, hal ini diharapkan dapat memberikan pengetahuan dasar tentang pemanfaatan panel surya untuk berbagia macam keperluan teknologi nantinnya.

“Diharapkan melalui pelatihan ini murid-murid sekolah dasar sudah memiliki gambaran tentang teknologi yang ramah terhadap lingkungan sehingga dimasa yang akan datang, dampak negatif dari teknologi khusunya yang merusak lingkungan dapat diminimalisir” ujar Sutarsi Suhaeb, S.T., M.Pd selaku ketua tim dosen pengabdi PPM UNM.

 

Gambar Terkait Berita :