Dosen UNM Beri Pelatihan Sistem Informasi Sebagai Inventarisasi Data Obat Yang Efektif dan Efisien di Puskesmas Toddopuli

Puskesmas Todopuli adalah salah satu Puskesmas yang melayani masyarakat yang berdomisili di daerah Todopuli dan sekitarnya.  Peningkatan pelayanan kepada pasien baik kuantitasnya maupun kualitasnya sangatlah perlu karena mengingat banyaknya masyarakat yang harus dilayani. Pelayanan yang diberikan kepada pasien seharusnya akurat,cepat dan tepat.

Berlatang belakang dari masalah tersebut lembaga penelitian dan pengabdian masyarakat universitas Negeri Makassar bersama dosen Jurusan Pendidikan Teknik Elektronika memerikan pelatihan dengan pengembangkan sebuat aplikasi sistem informasi berbasis web yang dapat diakses kapanpun dan dimanapun. “Melihat dari masalah yang terjadi, aplikasi ini diharapkan dapat membantu dalam invetarisari data obat baik di bagian apotek maupun di bagian unit-unit yang menggunakan obat serta akurasi data dan pelaporan yang tepat sehingga pekerjaan dapat lebih efisen dan efektif” sebut Ketua Pelaksanan Pengabdian Dr. Muh. Ma’ruf Idris, S.T., M.T. dalam acara pelatihan.

Tanggapan yang positif juga diperlihatkan oleh seluruh karyawan terhadap aplikasi ini, drg. Yayi Manggarasari, M.Kes sebagai kepala puskesmas menanggapi bahwa “inventarisasi data obat yang rumit di puskesmas dengan banyaknya pasien dan proses hitung obat yang rumit dari unit ke unit memang memerlukan aplikasi yang dapat membantu, pihak puskesmas sangat bernsyukur dengan kegiatan ini dan berharap bawa kedepannya dapat ada aplikasi juga yang dapat membantu di bagain permasalahan lain di puskesmas”.